About Me

My photo
Aku punya banyak nama (tergantung situasi), tapi kalian bisa memanggilku dengan nama Benjamin Arnold Stard AKA B.A.Stard....

Thursday, January 27, 2011

Fakta Fisika Dibalik Peristiwa :Hujan Kodok"

Hujan kodok?? Ya. Hujan kodok pernah terjadi pada bulan Juni 1997 di Culican, Meksiko. Bagi yang sering nonton "on the spot" pasti pernah liat.

Kenapa hujan kodok bisa terjadi? apakah karena magic, keajaiban, atau???Tidak, hujan kodok terjadi karena sebuah peristiwa fisika yang luar biasa. Dan tentu saja berhubungan dengan angin. Tepatnya "Tornado" .


Seperti yang telah kita ketahui (tenang aja,bagi yang belum tau akan aku kasih tau), tornado terjadi ketika udara lembap yang panas bergerak ke atas saat medan udara dingin masuk. Ini menyebabkan kenaikan kecepatan angin yang menciptakan efek putaran horizontal tak tampak di atmosfer bagian bawah.


Udara terus naik di dalam tarikan ke atas oleh badai guntur, yang menarik udara yang berputar horizontal ke atas untuk naik bersamanya.Udara yang naik ini menyediakan sebagian energi potensial yang memberi tenaga pada tornado. Kebanyakan tornado melintas di daratan, tetapi sebagian akan terbentuk, atau bergerak, di atas air, yang menciptakan semburan air (waterspout).

Nah, dalam kasus hujan kodok, tornado kecil (bagi orang meksiko sih termasuk kecil, kurasa kalau bagi kita udah lumayan besar tuh) membuat pusaran di atas genangan air kecil dan mengisap sekelompok kodok. Tornado itu kemudian melewati kota, dan melepaskan semua yang dihisapnya. Tentu saja termasuk kodok-kodok itu. Tada....terjadilah hujan kodok.

Aku juga pernah dengar soal hujan ikan, aku rasa peristiwa terjadinya sama deh. Tapi mungkin dalam skala yang lebih besar.Hmmm....kapan ya di Indonesia terjadi peristiwa hujan duit....

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails