About Me

My photo
Aku punya banyak nama (tergantung situasi), tapi kalian bisa memanggilku dengan nama Benjamin Arnold Stard AKA B.A.Stard....

Wednesday, August 25, 2010

5 festival teraneh di dunia

Nah, ini adalah top 5 yang aku dapat waktu lagi keliling-kelilig A.K.A browsing. Artikel ini menceritakan berbagai macam festival-festival aneh yang diadakan di seluruh dunia. Karena kelihatannya menarik, jadi aku share di sini. Hope you like it, so au revoir everyone.....
 
1.Handaka matsuri
 Festival Handaka ini adalah tradisi dari Shinto juga dimana ribuan pria berkumpul dengan hanya mengenakan kain penutup tradisional Jepang yang dikenal dengan nama fundoshi. Diantara orang-orang yang hampir bugil itu akan terdapa satu pria yang benar-benar bugil dan orang-orang akan berebutan untuk memegangnya karena dipercayai bahwa pria tersebut akan menyerap semua kesialan dan kejahatan nya.




2. Festival of the hungry ghost
Dari namanya, Festival Hantu Kelaparan, festival ini kedengaran agak mengerikan. Festival ini dirayakan di satu hari menurut penanggalan Cina dimana orang China percaya bahwa pintu makhluk halus di buka sehingga roh-roh dari bawah dunia akan naik ke atas. di hari itulah mereka percaya bahwa yang penjara roh jahat dibuka sehingga roh tersebut bisa menikmati kebebasan di hari tersebut. Orang-orang akan membakar uang kertas, mobil-mobilan dari kertas, dan semuanya yang dari kertas untuk roh-roh tersebut karena mereka mempercayai adanya kehidupan di dunia roh-roh. Ada yang membakarnya untuk sanak famili akan tetapi tidak sedikit juga yang membakar nya hanya untuk roh-roh yang tidak dia kenal. Perayaan itu sekitar 2-3 hari dan orang-orang akan memasang lantern dan dupa untuk menjaga agar roh-roh tersebut hanya di lautan dan jangan gentayangan terlalu jauh di dunia.





3.Kanamara Matsuri
Banyak turis-turis yang akan merasa malu ketika melihat orang-orang di Kawasaki berparade di jalan dengan mengangkat patung raksasa Mr.P dan Ms.V sedangkan orang-orang sekelilingnya (tua muda, besar kecil) memakan permen yang berbentuk Mr. P and Ms. V tersebut....kok gitu ya...festival apa ini.
Festival ini bernama Kanamara Matsuri adalah festival dari orang-orang penganut kepercayaan Shinto yang diadakan di Minggu Pertama bulan April setiap tahun nya di kawasaki, Jepang. Festival ini didasari oleh legenda tentang adanya iblis bergigi tajam yang bersembunyi di Ms.V nya anak-anak muda. Iblis ini dikalahkan oleh Black Smith yang membuat Mr.P dari besi yang berhasil mematahkan gigi-gigi iblis tersebut. Festival ini sebenarnya untuk mendengungkan kesehatan kehidupan bercinta anak jaman sekarang. Pada jaman dulu para Geisha akan menghadiri festial ini dan berdoa untuk melindungi mereka dari penyakit kelamin. Tetapi apada jaman sekarang, festival ini bertujuan untuk menggalang dana untuk penelitian penyakit HIV. 


4.Phuket vegetarian festival

Bila anda beranggapan bahwa Festival Vegetarian ini hanya lah festival biasa dimana orang-orang berpantang daging, maka anda salah. Di festival ini ada pertunjukkan yang sangat mencengangkan dimana orang-orang akan mendemonstrasi kan kehebatan mereka untuk menindik mulut-mulut mereka dengan bahan runcing. Pemandangan yang mengerikan apalagi kalau dilihat dari jarak dekat. 




5.El Colacho 
 Melompati bayi ini merupakan tradisi yang menjadi bagian dari El Colacho festival, yang telah telah dilakukan sejak 1620, meskipun demikian asal muasal kejadiannya tidak pasti. Peristiwa tahunan ini dihubungkan dengan hari perayaan Corpus Christi, suatu hari besar umat Kristen yang dilaksanakan pada hari Kamis antara bulan Mei dan akhir bulan Juni.
Festival ini diorganisir oleh Persaudaraan Santísimo Sacramento de Minerva, yang anggotanya mempunyai dua peran utama sehubungan dengan festival: mereka yang El Colacho dan el Atabalero. El Colacho, yang berperan sebagai setan dengan berpakaian merah, kuning terang dan mengenakan topeng, dan El Atabalero rombongan yang berpakaian hitam yang disertai seorang penabuh drum yang besar.
Kesenangan dan kegembiraan diwujudkan di kota Castrillo de Murcia tanpa memerlukan banteng ataupun minuman keras, seperti karnaval yang dikenal di Spanyol. Mereka hanya memerlukan beberapa kasur, sejumlah bayi, orang yang berdandan seperti setan. Masyarakat disana mempercayai bahwa bayinya yang diletakkan diatas kasur yang dibentang ditengah jalan akan dilompati oleh orang yang berdandan seperti setan tadi (Lucifer jumping) akan memberi hikmah bayinya terhindar dari pengaruh iblis.


sumber : www.lintasberita.com

1 comment:

Related Posts with Thumbnails